Sabtu, 26 Desember 2015

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI


1. Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal. Dapat di definisikan juga bahwa komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. 

2. Pengertian Organisasi
Organisasi adalah suatu kelompok orang yang bekerja sama untuk tujuan bersama. Sedangkan secara terperinci pengertian organisasi adalah sebagai tempat atau wadah untuk orang berkumpuldan berkerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya baik uang, metode, material, dan lingkungan, dan sarana-prasarana, data dan lain sebagainya yang digunakan secara efisen dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

3. Komunikasi dalam Organisasi
          Komunikasi dalam organisasi adalah komunikasi di suatu organisasi yang dilakukan pimpinan, baik dengan para karyawan maupun dengan khalayak yang ada kaitannya dengan organisasi, dalam rangka pembinaan kerja sama yang serasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi (Effendy,1989: 214).

Manajemen sering mempunyai masalah tidak efektifnya komunikasi. Padahal komunikasi yang efektif sangat penting bagi para manajer, paling tidak ada dua alasan:
- Pertama, komunikasi adalah proses melalui mana fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dapat dicapai.
- Kedua, komunikasi adalah kegiatan dimana para manejer mencurahkan sebagian besar proporsi waktu mereka.

Proses Komunikasi memungkinkan manajer untuk melaksanakan tugas-tugas mereka. Informasi harus dikomunikasikan kepada stafnya agar mereka mempunyai dasar perencanaan, agar rencana-rencana itu dapat dilaksanakan. Pengorganisasian memerlukan komunikasi dengan bawahan tentang penugasan mereka. Pengarahan mengharuskan manejer untuk berkomunikasi dengan bawahannya agar tujuan kelompok dapat tercapai. Jadi seorang manajer akan dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen melalui interaksi dan komunikasi dengan pihak lain. Sebagian besar waktu seorang manajer dihabiskan untuk kegiatan komunikasi, baik tatap muka atau melalui media seperti Telephone, Hand Phone dengan bawahan, staf, langganan dsb. Manajer melakukan komunikasi tertulis seperti pembuatan memo, surat dan laporan-laporan. Jadi yang dimaksud dengan Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005).

Kesimpulan :

Peran Komunikasi dalam Organisasi adalah komunikasi sebagai cara untuk menyampaikan informasi dari atasan kepada bawahan , dari satu orang ke kelompok maupun sebaliknya. Tujuan adanya komunikasi ini adalah untuk mempermudah jalannya suatu perusahaan atau organisasi karena dengan seringnya melakukan komunikasi baik secara lisan maupun tulisan informasi yang disampaikan lebih mudah diterima oleh orang lain dan tentunya dengan bahasa yang baik dan sopan.

Contoh peran komunikasi dalam perusahaan :

Dalam suatu perusahaan yang bergerak dibidang katering makanan untuk suatu acara misalnya acara pernikahan dibutuhkan koordinasi yang sangat baik antara atasan yaitu manajer pengelola katering dengan bawahannnya baik itu dalam menyiapkan bahan makanan, cara pengolahan, penyimpanan makanan, sampai pengirimannya, kalau ada kesalahan seperti salah memilih bahan makanan, makanan cepat basi, salah waktu pengiriman tentunya akan berantakan. Solusi nya adalah sebagai katering yang baik kita sebagai manajer harus mengkoordinasi langsung bahan makanan yang memiliki kualitas bagus dan agar makanan tidak cepat basi misalkan jika acaranya siang kita masaknya jarak waktunya tidak jauh masaknya di waktu pagi, masalah waktu pengiriman minimal 2 jam sebelum acara dimulai makanan sudah harus siap dikirim dan sampai tepat waktu agar konsumen puas terhadap pelayanan katering. Itu adalah salah satu contoh betapa pentingnya peran komunikasi dalam organisasi/perusahaan. Jadi kita harus melakukan komunikasi yang baik serta kerjasama yang baik antara pemimpin perusahaan dengan para karyawan.

Sumber dan Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://belajar-pintar.blogspot.co.id/2014/09/peranan-komunikasi-dalam-organisasi.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 2 - BAHASA INGGRIS BISNIS 2

Motivation letter for Master Program in Computer Science at Columbia University, New York City Attention: Graduate Selection Commit...